Kamis, 10 Agustus 2017

Ahlak

AKHLAQ Cross Curricula Scheme: Subject Strand and Competency



E  A  R  L  Y    S  T  A  G  E
A  K  H  L  A  Q    V  A  L  U  E  S

Semester 1
Semester 2
Rahman               
Pemurah

Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya akhlak Rahman dan mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.

Siswa akan mencerminkan akhlak Rahman dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.

Barr                    
Buat Kebajikan

Siswa akan memperluas persepsi akhlak Barr dan dampaknya dalam suatu hubungan.

Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Barr pada karakternya yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.

Rahim                  
Penyayang

Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Rahim dan manfaatnya.

Siswa akan menunjukkan karakter Rahim dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.

Sabr                   
Sabar

Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Sabr dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya

Akhlak Sabr tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
‘Afwu                     
Pemaaf

Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna ‘Afwu dan mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.

Akhlak ‘Afwu dapat dilihat pada perilaku siswa  di sekolah dan akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.

Hasan                
Baik

Siswa akan memahami pengaruh  positif dari akhlak Hasan dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.

Siswa menampilkan akhlak Hasan dalam  tindakan mereka dan mendorong perkembangan positif dari sikap menjadi karakter individu.





AKHLAQ Cross Curricula Scheme: Subject Strand and Competency

S  T  A  G  E   O  N  E
A  K  H  L  A  Q    V  A  L  U  E  S

Semester 1

Semester 2
Latif                     
Lembut

·         Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya akhlak Latif dan mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Latif dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.

Samaah              
Toleran

·         Siswa akan memperluas persepsi akhlak Samaah dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·         Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Samaah pada karakternya yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.

Muraqabah           
Mengamati

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Muraqabah dan manfaatnya.
·         Siswa akan menunjukkan karakter Muraqabah dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.


Iffah                    
Menahan Nafsu

·         Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Iffah dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya  
·         Akhlak Iffah tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
Hafiz                     
Pemelihara

·         Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna Hafiz dan mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.
·         Akhlak Hafiz dapat dilihat pada perilaku siswa  di sekolah dan akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.

Syukur                
Memuji Nikmat

·         Siswa akan memahami pengaruh  positif dari akhlak Syukur dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·         Siswa menampilkan akhlak Syukur dalam  tindakan mereka dan mendorong perkembangan positif dari sikap menjadi karakter individu.


Qadir                   
Berupaya

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Qadir dan manfaatnya..
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Qadir dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.

AKHLAQ Cross Curricula Scheme: Subject Strand and Competency


S  T  A  G  E    T  W  O
A  K  H  L  A  Q    V  A  L  U  E  S

Semester 1
Semester 2
Adl                        
Adil

·         Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya akhlak Adldan mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Adldalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.

Tawadhu             
Rendah Hati

·         Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Tawadhu dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya
·         Akhlak Tawadhu tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.

Shidiq                   
Jujur

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Shidiq dan manfaatnya.
·         Siswa akan menunjukkan karakter Shidiq dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.

Tawakkal            
Berserah Diri

·         Siswa akan memahami pengaruh  positif dari akhlak Tawakkal dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·         Siswa menampilkan akhlak Tawakkal dalam  tindakan mereka dan mendorong perkembangan positif dari sikap menjadi karakter individu.

Waliy                    
Melindungi

·         Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna Waliy dan mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.
·         Akhlak Waliy dapat dilihat pada perilaku siswa  di sekolah dan akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.

Mu’amalah          
Sosial

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Mu’amalah dan manfaatnya.
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Mu’amalah dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.
Nafi’                     
Bermanfaat

·         Siswa akan memperluas persepsi akhlak Nafi’ dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·         Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Nafi’ pada karakternya yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.
Amanah             
Tanggung Jawab

·         Siswa akan memperluas persepsi akhlak Amanah dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·         Akhlak Amanah  tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
AKHLAQ Cross Curricula Scheme: Subject Strand and Competency


S  T  A  G  E    T  H  R  E  E
A  K  H  L  A  Q    V  A  L  U  E  S

Semester 1
Semester 2
Mu’izz          
Hormat

·         Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Mu’izz dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya.
·         Akhlak Mu’izz  tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.

Zuhud                 
Sederhana

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman mengenai akhlak Zuhud dan manfaatnya.
·         Siswa akan menunjukkan sifat Zuhud dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.
.
Mujahadah           
Sungguh

·         Siswa akan memahami pengaruh  positif dari akhlak Mujahadah dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·         Siswa menampilkan akhlak Mujahadah dalam  tindakan mereka dan mendorong perkembangan positif dari sikap menjadi karakter individu.

Ikhlas                  
Mencari Ridho

·         Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna Ikhlas dan mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.
·         Akhlak Ikhlas dapat dilihat pada perilaku siswa  di sekolah dan akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.
Istiqomah            
Teguh

·         Siswa akan mengembangkan pemahaman mengenai akhlak Istiqomah dan manfaatnya.
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Istiqomah dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.

Taba’ah              
Kembali

·         Siswa akan memperluas persepsi akhlak Syaja’ah dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·         Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Syaja’ah pada karakternya yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.

Syaja’ah             
Berani

·         Siswa akan memperluas persepsi akhlak Syaja’ah dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·         Akhlak Syaja’ah  tampak dalam  perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.

Haya’                  
Enggan

·         Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Haya’ dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya.
·         Akhlak Haya’  tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.

Qana’ah              
Menerima

·         Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya akhlak Qana’ah dan mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.
·         Siswa akan mencerminkan akhlak Qana’ah dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.



























AKHLAQ Curriculum
Scopes of Learning

The table below shows the Curriculum subject strand overview throughout the academic school year. It is visible that focus of deepening understanding of the content differs within each grade. This is purposely done to assure that the coverage is graded accordingly and that students will learn basic moral values before procedding to a more difficult moral value. All of the socio-moral values in the table below are practiced not only in the categorised stages but earlier developed values can be practiced at any proceeding stages to enhance and develop full motivation towards these positive traits.


Santun, dispilin tanggung jawab cermat tegas, setia tanggap fokus
Kritis, interdependen, persisten , bijaksana,

S C H O O L  O F  U N I V E R S E
Y E A R L Y    C U R R I C U L A    O V E R V I E W
S C O P E S  O F   L E A R N I N G
B U S S I N E S S   S T U D I E S
Money
Finance Institution
Trading Institution
Jobs & Employment
Business Activity
Investment
S C I E N C E
Life Science

Physical Science
Earth Science

Space and Technology
Biotechnology
Energy and Resource
M A T H E M A T I C S
Numbers
Operation
Ratio & Percentages
Geometry

Measurements

Probability

Algebra

S O C I A L   S T U D I E S
Community

Citizenship

Cultural Ethnicity
Law & Regulations
National Geographic
Patriotism and Our Country
B A H A S A   I N D O N E S I A
Mendengar
Listening
Berbicara
Speaking
Applied Linguistic
Membaca
Reading
Menulis
Writing
Language
Features
C O M P U T E R   S T U D I E S
Computer Parts
Computers Skills
Hardware
Software

File Management
Multimedia
R E L I G I O N
Al Quran 
Aqidah
Fiqh
Tarekh
Al Hadits
Islamic World
V I S U A L   A R T S
Basic Art Priciples
Materials Knowledge
Composition
Cultural Arts
Appreciation
Artworks and Properties
M U S I C  A R T S
Musical Properties
Organising Sounds
Performance
Cultural Music
Appreciation
Musical Features
E N G L I S H   L A N G U A G E
Listening
Speaking
Applied Linguistic
Reading
Writing
Language Features





















S C H O O L  O F  U N I V E R S E
C O N T I N U U M   S T A G E S   O F   L E A R N I N G
S O C I A L   S T U D I E S
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:



B A H A S A   I N D O N E S I A
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:



C O M P U T E R   S T U D I E S
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:








S C H O O L  O F  U N I V E R S E
C O N T I N U U M   S T A G E S   O F   L E A R N I N G
R E L I G I O N
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:



V I S U A L   A R T S
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:



M U S I C  A R T S
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:






S C H O O L  O F  U N I V E R S E
C O N T I N U U M   S T A G E S   O F   L E A R N I N G
E N G L I S H   L A N G U A G E
EARLY STAGE :

STAGE TWO:



STAGE ONE:
STAGE THREE:






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi online kelas 5