AKHLAQ Cross
Curricula Scheme: Subject Strand and Competency
E
A R L
Y S T
A G E
A
K H L A Q V A L U E S
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
Rahman
Pemurah
Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya
akhlak Rahman dan mengembangkan
pemahaman atas nilai dan maknanya.
Siswa akan mencerminkan akhlak Rahman dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk
mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.
|
Barr
Buat Kebajikan
Siswa akan memperluas persepsi akhlak Barr dan dampaknya dalam suatu hubungan.
Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Barr pada karakternya yang mana mendorong atmosfer
yang sangat baik dalam interaksi bersama.
|
Rahim
Penyayang
Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Rahim dan manfaatnya.
Siswa akan menunjukkan karakter Rahim dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan
teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.
|
Sabr
Sabar
Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Sabr dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut
dan maknanya
Akhlak Sabr tampak dalam
perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam
kepribadian mereka.
|
‘Afwu
Pemaaf
Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna ‘Afwu dan mengembangkan pemahaman
atas akhlak tersebut dan dampaknya.
Akhlak ‘Afwu
dapat dilihat pada perilaku siswa di
sekolah dan akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.
|
Hasan
Baik
Siswa akan memahami pengaruh positif dari akhlak Hasan
dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
Siswa menampilkan akhlak Hasan
dalam tindakan mereka dan mendorong
perkembangan positif dari sikap menjadi karakter individu.
|
AKHLAQ Cross
Curricula Scheme: Subject Strand and Competency
S
T A G
E O N E
A K H L A Q V A L U E S
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
Latif
Lembut
·
Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya akhlak Latif dan mengembangkan pemahaman
atas nilai dan maknanya.
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Latif
dalam interaksi sosial mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang
positif dengan orang lain.
|
Samaah
Toleran
·
Siswa akan memperluas persepsi akhlak Samaah dan dampaknya dalam suatu hubungan.
·
Siswa menunjukkan dampak dari akhlak Samaah
pada karakternya yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam
interaksi bersama.
|
Muraqabah
Mengamati
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman akhlak Muraqabah dan manfaatnya.
·
Siswa akan menunjukkan karakter Muraqabah
dan menyiratkan akhlak tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di
sekolah dan dengan fasilitator.
|
Iffah
Menahan Nafsu
·
Siswa akan mendapat pemahaman mengenai pentingnya Iffah dan mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan
maknanya
·
Akhlak Iffah tampak dalam
perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam
kepribadian mereka.
|
Hafiz
Pemelihara
·
Siswa akan menumbuhkan kesadaran akan makna Hafiz dan mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan
dampaknya.
·
Akhlak Hafiz dapat dilihat
pada perilaku siswa di sekolah dan
akhlak ini senantiasa berkembang menjadi sifat positif.
|
Syukur
Memuji Nikmat
·
Siswa akan memahami pengaruh positif dari akhlak Syukur dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·
Siswa menampilkan akhlak Syukur dalam tindakan mereka dan mendorong perkembangan
positif dari sikap menjadi karakter individu.
|
|
Qadir
Berupaya
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman
akhlak Qadir dan manfaatnya..
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Qadir dalam interaksi sosial mereka
di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.
|
AKHLAQ Cross Curricula Scheme: Subject Strand and Competency
S
T A G
E T W O
A
K H L A Q V A L U E S
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
Adl
Adil
·
Siswa akan memperoleh pengetahuan
mengenai pentingnya akhlak Adldan
mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Adldalam interaksi sosial mereka di
sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.
|
Tawadhu
Rendah
Hati
·
Siswa akan mendapat pemahaman
mengenai pentingnya Tawadhu dan
mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya
·
Akhlak Tawadhu tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam
secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
|
Shidiq
Jujur
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman
akhlak Shidiq dan manfaatnya.
·
Siswa akan menunjukkan karakter Shidiq dan menyiratkan akhlak
tersebut selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan
fasilitator.
|
Tawakkal
Berserah
Diri
·
Siswa akan memahami pengaruh positif dari akhlak Tawakkal dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·
Siswa menampilkan akhlak Tawakkal dalam tindakan mereka dan mendorong perkembangan
positif dari sikap menjadi karakter individu.
|
Waliy
Melindungi
·
Siswa akan menumbuhkan kesadaran
akan makna Waliy dan mengembangkan
pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.
·
Akhlak Waliy dapat dilihat pada perilaku siswa di sekolah dan akhlak ini senantiasa
berkembang menjadi sifat positif.
|
Mu’amalah
Sosial
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman
akhlak Mu’amalah dan manfaatnya.
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Mu’amalah dalam interaksi sosial
mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang
lain.
|
Nafi’
Bermanfaat
·
Siswa akan memperluas persepsi
akhlak Nafi’ dan dampaknya dalam
suatu hubungan.
·
Siswa menunjukkan dampak dari
akhlak Nafi’ pada karakternya yang
mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.
|
Amanah
Tanggung
Jawab
·
Siswa akan memperluas persepsi
akhlak Amanah dan dampaknya dalam
suatu hubungan.
·
Akhlak Amanah tampak dalam
perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam
kepribadian mereka.
|
AKHLAQ Cross
Curricula Scheme: Subject Strand and Competency
S
T A G
E T H
R E E
A
K H L A Q V A L U E S
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
Mu’izz
Hormat
·
Siswa akan mendapat pemahaman
mengenai pentingnya Mu’izz dan
mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya.
·
Akhlak Mu’izz tampak dalam
perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam
kepribadian mereka.
|
Zuhud
Sederhana
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman
mengenai akhlak Zuhud dan
manfaatnya.
·
Siswa akan menunjukkan sifat Zuhud dan menyiratkan akhlak tersebut
selama berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dengan fasilitator.
.
|
Mujahadah
Sungguh
·
Siswa akan memahami pengaruh positif dari akhlak Mujahadah dan memahami nilai dan dampak yang dibawanya.
·
Siswa menampilkan akhlak Mujahadah dalam tindakan mereka dan mendorong perkembangan
positif dari sikap menjadi karakter individu.
|
Ikhlas
Mencari
Ridho
·
Siswa akan menumbuhkan kesadaran
akan makna Ikhlas dan
mengembangkan pemahaman atas akhlak tersebut dan dampaknya.
·
Akhlak Ikhlas dapat dilihat pada perilaku siswa di sekolah dan akhlak ini senantiasa
berkembang menjadi sifat positif.
|
Istiqomah
Teguh
·
Siswa akan mengembangkan pemahaman
mengenai akhlak Istiqomah dan
manfaatnya.
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Istiqomah dalam interaksi sosial
mereka di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang
lain.
|
Taba’ah
Kembali
·
Siswa akan memperluas persepsi
akhlak Syaja’ah dan dampaknya
dalam suatu hubungan.
·
Siswa menunjukkan dampak dari
akhlak Syaja’ah pada karakternya
yang mana mendorong atmosfer yang sangat baik dalam interaksi bersama.
|
Syaja’ah
Berani
·
Siswa akan memperluas persepsi
akhlak Syaja’ah dan dampaknya
dalam suatu hubungan.
·
Akhlak Syaja’ah tampak dalam perkembangan sosio-moral siswa dan tertanam
secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
|
Haya’
Enggan
·
Siswa akan mendapat pemahaman
mengenai pentingnya Haya’ dan
mengembangkan apresiasi atas akhlak tersebut dan maknanya.
·
Akhlak Haya’ tampak dalam perkembangan
sosio-moral siswa dan tertanam secara mendalam ke dalam kepribadian mereka.
|
Qana’ah
Menerima
·
Siswa akan memperoleh pengetahuan
mengenai pentingnya akhlak Qana’ah dan
mengembangkan pemahaman atas nilai dan maknanya.
·
Siswa akan mencerminkan akhlak Qana’ah dalam interaksi sosial mereka
di sekolah, untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain.
|
|
AKHLAQ
Curriculum
Scopes of
Learning
The table below shows the Curriculum
subject strand overview throughout the academic school year. It is visible that
focus of deepening understanding of the content differs within each grade. This
is purposely done to assure that the coverage is graded accordingly and that
students will learn basic moral values before procedding to a more difficult
moral value. All of the socio-moral values in the table below are practiced not
only in the categorised stages but
earlier developed values can be practiced at any proceeding stages to enhance
and develop full motivation towards these positive traits.
Santun, dispilin tanggung
jawab cermat tegas, setia tanggap fokus
Kritis, interdependen,
persisten , bijaksana,
S C H O O L O F
U N I V E R S E
Y E A R L
Y C U R R I C U L A O V E R V I E W
|
|||||
S C O P E S O F
L E A R N I N G
|
|||||
B U S
S I N E S S S T U D I E S
|
|||||
Money
|
Finance
Institution
|
Trading
Institution
|
Jobs
& Employment
|
Business
Activity
|
Investment
|
S C I
E N C E
|
|||||
Life
Science
|
Physical
Science
|
Earth
Science
|
Space
and Technology
|
Biotechnology
|
Energy and Resource
|
M A T
H E M A T I C S
|
|||||
Numbers
Operation
|
Ratio
& Percentages
|
Geometry
|
Measurements
|
Probability
|
Algebra
|
S O C I A L S T U D I E S
|
|||||
Community
|
Citizenship
|
Cultural
Ethnicity
|
Law
& Regulations
|
National
Geographic
|
Patriotism
and Our Country
|
B A H A S A I N D O N E S I A
|
|||||
Mendengar
Listening
|
Berbicara
Speaking
|
Applied
Linguistic
|
Membaca
Reading
|
Menulis
Writing
|
Language
Features
|
C O M P U T E
R S T U D I E S
|
|||||
Computer
Parts
|
Computers
Skills
|
Hardware
|
Software
|
File Management
|
Multimedia
|
R
E L I G I O N
|
|||||
Al
Quran
|
Aqidah
|
Fiqh
|
Tarekh
|
Al
Hadits
|
Islamic
World
|
V I S U A L A R T S
|
|||||
Basic
Art Priciples
|
Materials
Knowledge
|
Composition
|
Cultural
Arts
|
Appreciation
|
Artworks
and Properties
|
M U S I C A R T S
|
|||||
Musical
Properties
|
Organising
Sounds
|
Performance
|
Cultural
Music
|
Appreciation
|
Musical
Features
|
E N G L I S
H L A N G U A G E
|
|||||
Listening
|
Speaking
|
Applied
Linguistic
|
Reading
|
Writing
|
Language
Features
|
S C H O O L O F
U N I V E R S E
C O N T I N U U
M S T A G E S O F
L E A R N I N G
|
|
S O C I A L S T U D I E S
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
B A H A S A I N D O N E S I A
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
C O M P U T E
R S T U D I E S
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
S C H O O L O F
U N I V E R S E
C O N T I N U U
M S T A G E S O F
L E A R N I N G
|
|
R
E L I G I O N
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
V I S U A L A R T S
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
M U S I C A R T S
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
S C H O O L O F
U N I V E R S E
C O N T I N U U
M S T A G E S O F
L E A R N I N G
|
|
E N G L I S
H L A N G U A G E
|
|
EARLY STAGE :
|
STAGE TWO:
|
STAGE ONE:
|
STAGE THREE:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar