Rabu, 09 Agustus 2017
Kurikulum bisnis
RANCANGAN KURIKULUM BISNIS
SCHOOL OF UNIVERSE
LEVEL
KELAS
TUJUAN UMUM
STANDAR KOMPETENSI
INDIKATOR
BENTUK KEGIATAN
MATERI PELAJARAN
PLAYGROUP
A
Menanamkan kepada siswa tentang hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua, fasilitator, teman sekelas)
· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua)
· Siswa mengenal tiga pekerjaan rumah yang sederhana dan mudah dilakukan.
· Siswa melakukan tiga pekerjaan rumah yang sederhana dan mudah setiap pekan minimal 1 kali/pekan.
· Siswa menunjukkan sikap membantu orangtua pada saat Market Fair.
· Piket rumah
· Bercerita (story telling)
· Market Day (orangtua yang berjualan, siswa membantu)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
B
· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua, fasilitator dan teman sekelas)
· Siswa mengenal tiga pekerjaan kelas yang sederhana dan mudah dilakukan.
· Siswa melakukan tiga pekerjaan kelas yang sederhana dan mudah setiap pekan minimal 1 kali/pekan.
· Siswa menunjukkan sikap membantu fasilitator pada saat Market Fair.
· Piket kelas
· Bercerita (story telling)
· Market Day (fasiliator yang berjualan, siswa membantu)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
KINDERGARTEN
A
Menanamkan kepada siswa tentang hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang ada di lingkungan sekitar (rumah dan sekolah)
· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada lingkungan yang terdekat (lingkungan rumah)
· Siswa mengenal tiga kegiatan di lingkungan rumah yang dapat diikuti dengan mudah.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan rumah bersama orangtua minimal dua kali/bulan.
· Siswa menunjukkan sikap membantu orangtua dalam kegiatan di lingkungan rumah.
· Kegiatan lingkungan rumah
· Bercerita (story telling)
· Market Day (fasilitator dan siswa saling membantu berjualan)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
B
· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada lingkungan yang terdekat (lingkungan sekolah)
· Siswa mengenal tiga kegiatan sosial di lingkungan sekolah yang dapat diikuti dengan mudah.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan sosial di lingkungan sekolah bersama orangtua minimal dua kali/bulan.
· Siswa menunjukkan sikap membantu warga sekolah.
· Kegiatan sosial sekolah
· Bercerita (story telling)
· Market Day (fasilitator dan siswa saling membantu berjualan)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
ELEMENTARY
1
Memperkenalkan kepada siswa tentang penjualan sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis
· Siswa memahami prosedur penjualan langsung.
· Siswa menunjukkan sikap berani dalam kegiatan berjualan secara berkelompok.
· Siswa mampu menunjukkan perilaku berjualan yang baik.
· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat penjualan langsung.
· Siswa menjajakan produknya minimal kepada lima orang.
· Siswa mampu menjual produknya minimal sebanyak 50%.
· Berjualan keliling (market day)
· Pementasan (performance)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
2
· Siswa memahami prosedur persiapan penjualan, prosedur penjualan.
· Siswa menunjukkan sikap berani dalam kegiatan berjualan secara berpasangan.
· Siswa mampu menunjukkan perilaku berjualan yang baik.
· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat persiapan penjualan.
· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat penjualan langsung.
· Siswa menjajakan produknya minimal kepada delapan orang.
· Siswa mampu menjual produknya minimal sebanyak 75%.
· Berjualan keliling (market day)
· Pementasan (performance)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
3
Memperkenalkan kepada siswa tentang produksi sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis
· Siswa memahami prosedur kegiatan produksi.
· Siswa mengetahui bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.
· Siswa mampu memproduksi sendiri (dengan bantuan) produk yang akan dijualnya.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan produksi di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.
· Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan proses dalam kegiatan produksi, minimal tiga.
· Siswa dapat menyebutkan minimal tiga bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.
· Siswa menunjukkan kegiatan produksi yang dilakukannya lewat media (foto atau film) dan dipresentasikan.
· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak delapan jam/semester.
· Berjualan statis (market fair)
· Pementasan (performance)
· Magang sosial (social internship)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
4
· Siswa memahami prosedur kegiatan produksi.
· Siswa mengetahui bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.
· Siswa mampu memproduksi sendiri (dengan bantuan) produk yang akan dijualnya.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan produksi di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.
· Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan proses dalam kegiatan produksi, minimal lima.
· Siswa dapat menyebutkan minimal lima bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.
· Siswa menunjukkan kegiatan produksi yang dilakukannya lewat media (foto atau film) dan dipresentasikan.
· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 16 jam/semester.
· Berjualan statis (market fair)
· Pementasan (performance)
· Magang sosial (social internship)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
5
Memperkenalkan kepada siswa tentang pencatatan keuangan (bookkeeping) sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis
· Siswa mengenal macam-macam laporan keuangan.
· Siswa mengenal prinsip-prinsip dasar pembukuan.
· Siswa mampu membuat laporan keuangan pribadi sederhana.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan penjualan di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.
· Siswa mampu melakukan kegiatan penggalangan dana untuk kegiatan sekolah.
· Siswa dapat menyebutkan minimal tiga laporan keuangan dan fungsinya.
· Siswa dapat menyebutkan tiga prinsip dasar pembukuan.
· Siswa dapat membuat laporan kas pribadi selama 14 hari berturut-turut.
· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 32 jam/semester.
· Siswa mampu menggalang dana untuk kegiatan sekolah minimal 25% dari total biaya/orang.
· Berjualan statis (market fair)
· Pementasan (performance)
· Magang sosial (social internship)
· Penggalangan dana (fund raising)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
6
· Siswa mengenal macam-macam laporan keuangan.
· Siswa mengenal prinsip-prinsip dasar pembukuan.
· Siswa mampu membuat laporan keuangan pribadi sederhana.
· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan penjualan di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.
· Siswa mampu melakukan kegiatan penggalangan dana untuk kegiatan sekolah.
· Siswa dapat menyebutkan minimal lima laporan keuangan dan fungsinya.
· Siswa dapat menyebutkan lima prinsip dasar pembukuan.
· Siswa dapat membuat laporan kas pribadi selama 30 hari berturut-turut.
· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 40 jam/semester.
· Siswa mampu menggalang dana untuk kegiatan sekolah minimal 50% dari total biaya/orang.
· Berjualan statis (market fair)
· Pementasan (performance)
· Kegiatan sosial (social internship)
· Magang dana (fund raising)
· Disesuaikan dengan tema pembelajaran
HIGH SCHOOL 1
7
Membuka wawasan siswa tentang bidang-bidang bisnis potensial (bioteknologi, retail dan teknologi informasi)
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang bioteknologi, retail dan ICT.
· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis bioteknologi, retail dan ICT.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang bioteknologi, retail, IT dan manajemen selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang bioteknologi, retail dan IT selama 480 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke perusahaan bioteknologi, retail dan IT.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)
· Pemagangan
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Business Events
· Pembukuan (bookeeping)
· Bisnis Bioteknologi
· Bisnis Retail
· Bisnis Teknologi Informasi (IT)
· Manajemen
8
Membuka wawasan siswa tentang manajemen perusahaan (company profile, pemasaran dan sumber daya manusia)
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen, khususnya manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia.
· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang pemasaran, sumber daya manusia, business model generation dan perilaku organisasi.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang manajemen pemasaran, manajemen SDM, business model canvas dan perilaku organisasi selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang manajemen selama 480 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Siswa mampu melakukan survey pasar sederhana.
· Siswa mampu menyusun business model canvas.
· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)
· Pemagangan
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Business Events
· Kolaborasi bisnis
· Pembukuan (bookeeping)
· Pengantar Manajemen Pemasaran
· Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia
· Business Model Canvas
· Pengantar Perilaku Organisasi
9
Membuka wawasan siswa tentang proses perencanaan bisnis sederhana (business model generation)
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang inovasi, kewirausahaan, etika dan ekonomi makro.
· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang inovasi, kewirausahaan, etika dan ekonomi makro.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang inovasi, kewirausahaan, etika bisnis dan ekonomi makro selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang perencanaan bisnis selama 480 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Siswa mampu menyusun perencanaan bisnis sederhana.
· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)
· Pemagangan
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Business Events
· Kolaborasi bisnis
· Pembukuan (bookeeping)
· Inovasi
· Kewirausahaan
· Pengantar Etika Bisnis
· Pengantar Makroekonomi
HIGH SCHOOL 2
10
BISNIS
Mengarahkan siswa untuk mulai menjalankan bisnis sederhana
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen operasional, strategi bisnsi, lingkungan bisnis dan industri.
· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen operasional, strategi bisnsi, lingkungan bisnis dan industri.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang inovasi, kewirausahaan, etika bisnis dan ekonomi makro selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan business start-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 480 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Praktek Bisnis
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Pameran bisnis & Project
· Akuntansi
· Pengantar Manajemen Operasional
· Pengantar Strategi Bisnis
· Analisis Lingkungan Bisnis
· Analisis Industri
10 PROFESIONAL
Membuka wawasan siswa tentang Makroekonomi
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Pameran bisnis & Project
· Ekonomi SMA Kelas X
· Prakarya & Kewirausahaan
· Pendidikan Lingkungan Hidup
11
BISNIS
Mengarahkan siswa untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan dalam hal pemasaran dan operasional
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran.
· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran selama 350 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan business scale-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 640 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Praktek Bisnis
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Pameran bisnis & Project
· Introduction to Business
· Etika Bisnis Lanjutan
· Matematika Bisnis
· Design Thinking
· Makroekonomi Lanjutan
· Manajemen Pemasaran Lanjutan
11 PROFESIONAL
Membuka wawasan siswa tentang akuntansi perusahaan jasa
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Pameran bisnis & Project
· Ekonomi SMA Kelas XI
· Prakarya & Kewirausahaan
· Pendidikan Lingkungan Hidup
12
BISNIS
Mengarahkan siswa untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan dalam hal pengelolaan keuangan dan strategi bisnis
· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional.
· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.
· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.
· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional.
· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional selama 225 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan business scale-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 320 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 2 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 8 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Praktek Bisnis
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Tes mental bisnis
· Presentasi bisnis
· Pameran bisnis & Project
· Manajemen Keuangan
· Manajemen SDM & Perilaku Organisasi Lanjutan
· English for Business
· Manajemen Operasional Lanjutan
12 PROFESIONAL
Membuka wawasan siswa tentang akuntansi perusahaan dagang
· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.
· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.
· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.
· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.
· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.
· Tutorial bisnis & Morning Talk
· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale
· Pameran bisnis & Project
· Ekonomi SMA Kelas XII
· Prakarya & Kewirausahaan
· Pendidikan Lingkungan Hidup
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi online kelas 5
-
Tanamanku
-
Alkisah pada jaman dahulu, diceritakan bahwa Dewi Sri Pohaci Long Kancana diutus oleh Sunan Ibu, penghuni taman surga yang disebut Taman So...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar