Rabu, 09 Agustus 2017

Kurikulum bisnis





RANCANGAN KURIKULUM BISNIS

SCHOOL OF UNIVERSE



LEVEL

KELAS

TUJUAN UMUM

STANDAR KOMPETENSI

INDIKATOR

BENTUK KEGIATAN

MATERI PELAJARAN

PLAYGROUP

A

Menanamkan kepada siswa tentang hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua, fasilitator, teman sekelas)

· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua)

· Siswa mengenal tiga pekerjaan rumah yang sederhana dan mudah dilakukan.

· Siswa melakukan tiga pekerjaan rumah yang sederhana dan mudah setiap pekan minimal 1 kali/pekan.

· Siswa menunjukkan sikap membantu orangtua pada saat Market Fair.

· Piket rumah

· Bercerita (story telling)

· Market Day (orangtua yang berjualan, siswa membantu)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


B

· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang terdekat (orangtua, fasilitator dan teman sekelas)

· Siswa mengenal tiga pekerjaan kelas yang sederhana dan mudah dilakukan.

· Siswa melakukan tiga pekerjaan kelas yang sederhana dan mudah setiap pekan minimal 1 kali/pekan.

· Siswa menunjukkan sikap membantu fasilitator pada saat Market Fair.

· Piket kelas

· Bercerita (story telling)

· Market Day (fasiliator yang berjualan, siswa membantu)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


KINDERGARTEN

A

Menanamkan kepada siswa tentang hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada orang lain yang ada di lingkungan sekitar (rumah dan sekolah)

· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada lingkungan yang terdekat (lingkungan rumah)

· Siswa mengenal tiga kegiatan di lingkungan rumah yang dapat diikuti dengan mudah.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan rumah bersama orangtua minimal dua kali/bulan.

· Siswa menunjukkan sikap membantu orangtua dalam kegiatan di lingkungan rumah.

· Kegiatan lingkungan rumah

· Bercerita (story telling)

· Market Day (fasilitator dan siswa saling membantu berjualan)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


B

· Siswa memahami hakikat bisnis, yaitu memberikan manfaat kepada lingkungan yang terdekat (lingkungan sekolah)

· Siswa mengenal tiga kegiatan sosial di lingkungan sekolah yang dapat diikuti dengan mudah.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan sosial di lingkungan sekolah bersama orangtua minimal dua kali/bulan.

· Siswa menunjukkan sikap membantu warga sekolah.

· Kegiatan sosial sekolah

· Bercerita (story telling)

· Market Day (fasilitator dan siswa saling membantu berjualan)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


ELEMENTARY

1

Memperkenalkan kepada siswa tentang penjualan sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis

· Siswa memahami prosedur penjualan langsung.

· Siswa menunjukkan sikap berani dalam kegiatan berjualan secara berkelompok.

· Siswa mampu menunjukkan perilaku berjualan yang baik.

· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat penjualan langsung.

· Siswa menjajakan produknya minimal kepada lima orang.

· Siswa mampu menjual produknya minimal sebanyak 50%.

· Berjualan keliling (market day)

· Pementasan (performance)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


2

· Siswa memahami prosedur persiapan penjualan, prosedur penjualan.

· Siswa menunjukkan sikap berani dalam kegiatan berjualan secara berpasangan.

· Siswa mampu menunjukkan perilaku berjualan yang baik.

· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat persiapan penjualan.

· Siswa dapat menyebutkan lima tahap prosedur yang harus dilakukan pada saat penjualan langsung.

· Siswa menjajakan produknya minimal kepada delapan orang.

· Siswa mampu menjual produknya minimal sebanyak 75%.

· Berjualan keliling (market day)

· Pementasan (performance)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


3

Memperkenalkan kepada siswa tentang produksi sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis

· Siswa memahami prosedur kegiatan produksi.

· Siswa mengetahui bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.

· Siswa mampu memproduksi sendiri (dengan bantuan) produk yang akan dijualnya.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan produksi di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.

· Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan proses dalam kegiatan produksi, minimal tiga.

· Siswa dapat menyebutkan minimal tiga bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.

· Siswa menunjukkan kegiatan produksi yang dilakukannya lewat media (foto atau film) dan dipresentasikan.

· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak delapan jam/semester.

· Berjualan statis (market fair)

· Pementasan (performance)

· Magang sosial (social internship)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


4

· Siswa memahami prosedur kegiatan produksi.

· Siswa mengetahui bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.

· Siswa mampu memproduksi sendiri (dengan bantuan) produk yang akan dijualnya.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan produksi di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.

· Siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan proses dalam kegiatan produksi, minimal lima.

· Siswa dapat menyebutkan minimal lima bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi.

· Siswa menunjukkan kegiatan produksi yang dilakukannya lewat media (foto atau film) dan dipresentasikan.

· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 16 jam/semester.

· Berjualan statis (market fair)

· Pementasan (performance)

· Magang sosial (social internship)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


5

Memperkenalkan kepada siswa tentang pencatatan keuangan (bookkeeping) sebagai salah satu kegiatan utama dalam bisnis

· Siswa mengenal macam-macam laporan keuangan.

· Siswa mengenal prinsip-prinsip dasar pembukuan.

· Siswa mampu membuat laporan keuangan pribadi sederhana.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan penjualan di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.

· Siswa mampu melakukan kegiatan penggalangan dana untuk kegiatan sekolah.

· Siswa dapat menyebutkan minimal tiga laporan keuangan dan fungsinya.

· Siswa dapat menyebutkan tiga prinsip dasar pembukuan.

· Siswa dapat membuat laporan kas pribadi selama 14 hari berturut-turut.

· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 32 jam/semester.

· Siswa mampu menggalang dana untuk kegiatan sekolah minimal 25% dari total biaya/orang.

· Berjualan statis (market fair)

· Pementasan (performance)

· Magang sosial (social internship)

· Penggalangan dana (fund raising)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


6

· Siswa mengenal macam-macam laporan keuangan.

· Siswa mengenal prinsip-prinsip dasar pembukuan.

· Siswa mampu membuat laporan keuangan pribadi sederhana.

· Siswa berpartisipasi dalam kegiatan penjualan di unit-unit usaha sekolah lewat kegiatan magang.

· Siswa mampu melakukan kegiatan penggalangan dana untuk kegiatan sekolah.

· Siswa dapat menyebutkan minimal lima laporan keuangan dan fungsinya.

· Siswa dapat menyebutkan lima prinsip dasar pembukuan.

· Siswa dapat membuat laporan kas pribadi selama 30 hari berturut-turut.

· Siswa melakukan kegiatan magang di unit-unit usaha sebanyak 40 jam/semester.

· Siswa mampu menggalang dana untuk kegiatan sekolah minimal 50% dari total biaya/orang.

· Berjualan statis (market fair)

· Pementasan (performance)

· Kegiatan sosial (social internship)

· Magang dana (fund raising)

· Disesuaikan dengan tema pembelajaran


HIGH SCHOOL 1

7

Membuka wawasan siswa tentang bidang-bidang bisnis potensial (bioteknologi, retail dan teknologi informasi)

· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang bioteknologi, retail dan ICT.

· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis bioteknologi, retail dan ICT.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang bioteknologi, retail, IT dan manajemen selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang bioteknologi, retail dan IT selama 480 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke perusahaan bioteknologi, retail dan IT.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)

· Pemagangan

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Business Events

· Pembukuan (bookeeping)

· Bisnis Bioteknologi

· Bisnis Retail

· Bisnis Teknologi Informasi (IT)

· Manajemen


8

Membuka wawasan siswa tentang manajemen perusahaan (company profile, pemasaran dan sumber daya manusia)

· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen, khususnya manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia.

· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang pemasaran, sumber daya manusia, business model generation dan perilaku organisasi.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang manajemen pemasaran, manajemen SDM, business model canvas dan perilaku organisasi selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang manajemen selama 480 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Siswa mampu melakukan survey pasar sederhana.

· Siswa mampu menyusun business model canvas.

· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)

· Pemagangan

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Business Events

· Kolaborasi bisnis

· Pembukuan (bookeeping)

· Pengantar Manajemen Pemasaran

· Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia

· Business Model Canvas

· Pengantar Perilaku Organisasi


9

Membuka wawasan siswa tentang proses perencanaan bisnis sederhana (business model generation)

· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang inovasi, kewirausahaan, etika dan ekonomi makro.

· Siswa memiliki pengalaman kerja lewat kegiatan pemagangan.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang inovasi, kewirausahaan, etika dan ekonomi makro.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang inovasi, kewirausahaan, etika bisnis dan ekonomi makro selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan pemagangan di bidang perencanaan bisnis selama 480 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Siswa mampu menyusun perencanaan bisnis sederhana.

· Tutorial bisnis & Morning Talk (Bisnis & Profesional)

· Pemagangan

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Business Events

· Kolaborasi bisnis

· Pembukuan (bookeeping)

· Inovasi

· Kewirausahaan

· Pengantar Etika Bisnis

· Pengantar Makroekonomi


HIGH SCHOOL 2

10

BISNIS

Mengarahkan siswa untuk mulai menjalankan bisnis sederhana



· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen operasional, strategi bisnsi, lingkungan bisnis dan industri.

· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen operasional, strategi bisnsi, lingkungan bisnis dan industri.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang inovasi, kewirausahaan, etika bisnis dan ekonomi makro selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan business start-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 480 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Praktek Bisnis

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Pameran bisnis & Project

· Akuntansi

· Pengantar Manajemen Operasional

· Pengantar Strategi Bisnis

· Analisis Lingkungan Bisnis

· Analisis Industri




10 PROFESIONAL

Membuka wawasan siswa tentang Makroekonomi

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Pameran bisnis & Project

· Ekonomi SMA Kelas X

· Prakarya & Kewirausahaan

· Pendidikan Lingkungan Hidup


11

BISNIS

Mengarahkan siswa untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan dalam hal pemasaran dan operasional



· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran.

· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang etika bisnis, matematika bisnis, design thinking, ekonomi makro dan manajemen pemasaran selama 350 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan business scale-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 640 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 4 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 16 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Praktek Bisnis

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Pameran bisnis & Project

· Introduction to Business

· Etika Bisnis Lanjutan

· Matematika Bisnis

· Design Thinking

· Makroekonomi Lanjutan

· Manajemen Pemasaran Lanjutan




11 PROFESIONAL

Membuka wawasan siswa tentang akuntansi perusahaan jasa

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Pameran bisnis & Project

· Ekonomi SMA Kelas XI

· Prakarya & Kewirausahaan

· Pendidikan Lingkungan Hidup


12

BISNIS

Mengarahkan siswa untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan dalam hal pengelolaan keuangan dan strategi bisnis



· Siswa memiliki wawasan bisnis di bidang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional.

· Siswa memiliki pengalaman bisnis lewat kegiatan praktek bisnis.

· Siswa mampu melakukan praktek penjualan langsung di tempat yang ramai.

· Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatan pemagangan di depan orang banyak

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional.

· Siswa memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan.

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial bisnis tentang manajemen keuangan, SDM & perilaku organisasi, bahasa Inggris dan manajemen operasional selama 225 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan business scale-up di bidang yang sesuai dengan passion selama 320 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan presentasi bisnis selama 2 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan tes mental bisnis (direct selling) selama 8 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Praktek Bisnis

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Tes mental bisnis

· Presentasi bisnis

· Pameran bisnis & Project

· Manajemen Keuangan

· Manajemen SDM & Perilaku Organisasi Lanjutan

· English for Business

· Manajemen Operasional Lanjutan




12 PROFESIONAL

Membuka wawasan siswa tentang akuntansi perusahaan dagang

· Siswa mampu bekerjasama melaksanakan kegiatan exhibition.

· Siswa memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum nasional pada mata pelajaran Ekonomi, Prakarya & Kewirausahaan dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

· Siswa mengikuti kegiatan tutorial umum tentang ekonomi, prakarya & kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup selama 150 jam.

· Siswa mengikuti kegiatan field trip selama 32 jam ke beberapa perusahaan.

· Siswa mengikuti kegiatan stadium generale dari pembicara tamu selama 8 jam.

· Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ekspo bisnis selama 16 jam.

· Tutorial bisnis & Morning Talk

· Kunjungan perusahaan/Stadium Generale

· Pameran bisnis & Project

· Ekonomi SMA Kelas XII

· Prakarya & Kewirausahaan

· Pendidikan Lingkungan Hidup




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi online kelas 5