Rabu, 05 Desember 2018


Sekolah Alam Cirebon




 SACI sebagai sekolah lingkungan hidup
Konsep sekolahalam. Sekolah Alam adalah Sekolah Unggul yang menempatkan Akhlaq sebagai tujuan dari seluruh  proses belajar mengajar yang dilakukan. Di Sekolah Alam proses pembentukan karakter sangat diutamakan dibandingkan dengan pencapaian dari nilai/pengetahuan dalam bentuk angka-angka.   Ada 4 hal yang menjadi tujuan dari proses belajar mengajar di Sekolah Alam, yaitu:
1.        Akhlaq
2.        Logika
3.        Kepemimpinan
4.        Wirausaha (Bisnis)

Begitu besarnya perhatian sekolah terhadap akhlaq/karakter, sehingga kami menyebutnya Sekolah Alam adalah Sekolah Karakter. Sesungguhnya bumi ini hanya dapat berkembang ditangan manusia yang berakhlaq.  Hal ini selaras dengan Al-Quran surat Al-Anbiyaa ayat 105, “Bumi ini diwariskan bagi hamba-hambaku yang sholeh (Al-anbiyaa;105).  Akhlaq ini akan menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya amal yang lain, “Dalam tubuh terdapat sepotong daging, apabila ia rusak, maka rusaklah badan itu seluruhnya, Sepotong daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim).  Dalam hadist lain Bukhori dan Muslim menjelaskan “Dan tidaklah aku diutus kecuali untuk memperbaiki akhlaq manusia ; ‘ Sebaik-baiknya kamu adalah yang lebih berbudi pekerti luhur diantara kamu (HR. Bukhari dan Muslim).  DANIEL GOLEMAN menyebutkan bahwa keberhasilan seseorang dimasyarakat, termasuk di dunia kerja sebagian besar ditentukan oleh kecerdasan emosi (80%) dan hanya 20% ditentukan oleh faktor kecerdasan kognitif (IQ)
bagan seluruh kegiatan yang  berlangsung di SACI adalah pendidikan lingkungan
 
Secara keseluruhan konsep sekolah alam baik ditinjau dari sekolahnya itu sendiri maupun metode dan output yang akan dihasilkan oleh sekolah alam sangatlah berkaitan dengan lingkungan.  Secara sederhana seluruh kegiatan yang dilakukan di sekolah alam harus mengacu pada proses pembentukan hamba yang arif terhadap alam dan lingkungan, karena sesungguhnya inilah tujuan pertama manusia diciptakan.  Dalam surat Al-Anbiya ayat 107, Alloh SWT menyebutkan ”Dan tidaklah kami mengutus kamu melainkan menjadi rahmat bagi semesta alam”. Dibawah ini secara sederhana bagaimana proses pembelajaran lingkungan hidup menjadi titik tumpu dari semua proses yang berlangsung di sekolah kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi online kelas 5